Monday, May 12, 2014

Head end MATV / TV Kabel



               Head End atau central, dalam sebuah sistem MATV adalah bagian utma atau pokok selain dari jaringan distribusi. Head end adalah tempat dimana channel yang berisi content diolah sebelum di distribusikan ke client. Di Head end ini juga tempat kita memilih dan memilah channel yang akan didistribusikan ke client. Kita juga dapat menambahkan channel inhouse produksi sendiri atau memutar video yang sudah kita rekam sebelumnya, atau memutar film dengan jadwal yang kita tentukan bahkan bias juga memutar video yang dipesan pelanggan.
            Dalam sebuah head end , biasanya terdiri dari Antena, receiver, decoder, dvd player atau pemutar video, rf modulator, combiner, power devider, spliter, amplifier, rack.
Antena : Untuk antenna ini bias berupa antenna parabola bisa juga antenna yagi ( UHF/VHF )


Reciever : Adalah perangkat yang digunakan untuk menerima siaran. Bias dari terestial/atau bias juga dari satellite.
Decoder : Decoder sebenarnya sama dengan Reciever,hanya didalam decoder ditambah sebuah komponen pemecah kode untuk membuka scramble/inkripsi dari provider penyedia content (missal Indovision, AORA, Orange tv, BIG tv, Topas tv, Telkom vision dll)







DVD Player/ pemutar video : digunakan bila kita pingin memasukkan channel inhouse atau video ke jaringan distribusi (ini sifatnya optional)
RF Modulator : Adalah perangkat yang berfungsi mengubah signal video composite dari receiver/decoder/source video ke signal RF (radio Frequensi). Bias dikatakan RF modulator merupakan pemancar tv mini karena berdaya rendah .
Combiner : adalah perangkat yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa output dari RF Modulator menjadi satu keluaran saja untuk didistribusikan ke client . bias dikatakan ini sebuah mixer (dalam tekhnik audio/video)
Power Devider : Adalah perangkat yang digunakan untuk menjaga arus keluaran dari decoder atau receiver yang digunakan untuk mensuply tegangan kerja ke LNB tidak berbalik ke Reciever/decoder yang mengambil dari LNB yang sama .
Spliter : berfungsi mensplit atau memecah jaringan (satu input menjadi 2 output atau lebih)
Amplifier : Berfungsi menguatkan signal keluaran dari combiner yang akan di distribusikan ke client
Rack : berfungsi untuk menaruh perangkat      di head end agar rapi dam mudah dalam melakukan maintenance .


No comments:

Post a Comment