Tuesday, June 11, 2013

Head End TV Kabel yang baik

Head end, sebagai sentral atau pusat jaringan distribusi gambar (MATV?CATV) agar mendapatkan hasil maximal,tentu juga harus dilakukan hal yang maximal juga.karena bila gambar atau hasil tidak maximal, tentu gambar di client juga jelek/tidak maximal. Ada beberpa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun head end yang baik. Berikut saya tuliskan sedikit tentang head end yang baik :

 1. Pastikan channel atau siaran yang akan di distribusikan sudah diterima bagus dari satelite/parabola.(tidak pecah2 atau signal hilang2)

 2.  Bila ada siaran atau gambar yang diambil dari TV Terestial, lebih baik frequensi distribusi ke jaringan kita dirubah dahulu menggunakan transmodulator.

 3.  Pastikan frequensi tidak saling bertabrakan antara modulator (diberi jarak minimal 1 channel utuk masing2 modulator)

 4.  Pastikan output rf modulator tidak sama dengan frequensi tv terestial (bila ada didaerah anda)

 5.  Pastikan keluaran dari combiner, masing masing rf modulator besarnya sama (rata) atau tidak ada yang lebih tinggi dari lainya. kalau terpaksa ada yang lebih besar/tinggi,usahakan tidak terlalu jauh selisihnya.

 6.  Pastikan input maximal dan input minimal dari booster atau ampli yang akan digunakan di head end. jangan melebihi atau kurang dari spek pabrik (biasanya tertulis di kemasan/manual book)

 7.  Untuk setting ampli/booster usahakan signal level frequensi yang tinggi lebih besar dari freq rendah, jadi klo digambar,spektrumnya akan semakin naik nilai levelnya.

 8.  Selalu lakukan balanching signal secara periodik (minim seminggu sekali)

 9.  Gunakan Conector yang bagus,dan benar dalam pemasangan konektor dan jangan sampai kendor dalam memasang ke perangkat

10.  Gunakan kabel yang bagus




    5 comments:

    1. mas klo mau buat jaringan tv kabel yang dibutuhkan peralatannya apa saja sih....

      ReplyDelete
    2. untuk membuat jaringan tv kabel, yang jelas kita butuhkan adalah :
      1. content/isi/siaran yang akan kita distribusikan
      2. head end atau sentral/pusat layanan yang akan kita distribusikan (head terdiri dari antena,reciever,rf modulator,combiner,spliter,amplifier/booster.kabel dan macam macam konektor)
      3. jaringan distribusi (booster outdor,kabel,coupler outdoor,conector)
      4. pelanggan, karena tanpa pelanggan jaringan tv kabel tidak akan bisa jalan

      ReplyDelete
    3. Ada estimasi daftar harga per barangnya gak? Sekalian mereknya yg kualitas cukup bagus.

      ReplyDelete
    4. Kunjungi juga : http://langoday.com

      ReplyDelete