Saturday, June 22, 2013

Desain Jaringan distribusi MATV



Desain System Distribusi MATV

Dalam membangun atau instalasi sebuah jaringan MATV, tahapan yang paling perlu dilaksanakan adalah membuat desain jaringan. Desain berfungsi untuk memperkirakan perangkat apa saja yang akan dipasang, berapa banyaknya part yang dibutuhkan, kabel yang diperlukan, dan tentu saja biaya yang akan dihabiskan untuk pembangunan jaringan yang akan kita buat.
Dalam mendesain jaringan distribusi MATV, pertama yang harus kita ketahui adalah, jumlah client yang akan tersambung, selanjutnya jalur kabel yang akan digunakan untuk distribusi.
Yang tidak kalah pentingnya adalah, dimana posisi Head End dan posisi penempatan Antena. Untuk desain Head End nanti akan saya tuliskan dalam kesempatan yang lain. Dalam tulisan ini, akan saya uraikan sedikit tentang distribusi Jaringan MATV di sebuah bangunan.
Berikut saya contohkan dalam sebuah diagram blok jaringan distribusi Jaringan MATV:





Dalam gambar diatas, saya contohkan sebuah bangunan lantai 4 dengan 64 client tv yang harus dilayani oleh jaringan MATV .
Dari gambar itu, dapat kita lihat ada spliter 4 way dan TAP 4 way. Dimana spliter 4 way dipakai untuk membagi ke masing masing lantai . tujuan dipakainya spliter adalah membagi signal secara merata ke seluruh bagian lantai. Sedangkan TAP berfungsi sebagai terminal pembagi ke client dari jaringan yang kita bangun. Adapun nilai TAP dari TAP pertama kedua dan TAP berikutnya berbeda beda. Semakin dekat dengan ampli/booster nilai TAP yang kita pasang harus lebih besar dari TAP setelahnya. Misalkan TAP dengan nilai 26dB untuk TAP pertama , TAP berikutnya 23dB ; 20dB terakhir 17dB . pemasangan dengan topologi begini bertujuan untuk mengatur signal yang diterima di client tidak terlalu besar/tidak terlalu kecil. Karena bila signal terlalu besar, gambar tv akan bergaris/bergelombang.atau bahkan tidak bias dilihat. Dan bila terlalu kecil , gambar di tv akan bersemut/bersalju atau bahkan bias saja karena sangat kecil, gambar tidak bias terdeteksi oleh tv. Sedikit gambaran, TAP dengan nilai 26dB, artinya signal yang akan masuk ke client dari jaringan backbond dikurangi 26dB. Missal di jaringan signalnya 30dB, setelah melewati TAP 26dB, signal di client hanya tinggal 4dB sehingga signal tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil (signal yang bagus diterima TV antara 0dB s/d 10 dB) untuk selanjutnya signal dari backbond setelah dikurangi loss di TAP 26 dB kita perkirkan loss 3dB (setelah ditambah loss signal dari conector dan kabel) artinya signal input TAP ke 2 tinggal 27dB (30dB-3dB) setelah masuk TAP 23dB sampai ke client tinggal 4dB. Begitulah seterusnya dalam memperthitungkan signal yang akan diterima di client.

6 comments:

  1. Dapatkah CATV amplifier merk zinwell MDA-F40R42 dikombinasikan dgn 6 way splitter merk zinwell MSG-6 (5-1000mhz). Antena yg dipergunakan hanya antena VHF dan UHF.
    Bagaimana settingan di MDA tsb ? mksh

    ReplyDelete
  2. sebelumnya terimakasih telah berkunjung di blog saya.
    jujur saya belum pernah menggunakan amplifier MDA-F40R42 , namun setelah saya browsing tentang spek alat tersebut saya lihat perangkat diatas dapat dikombinasikan.untuk settingan amplifier, saya belum bisa menjawab karena belum pernah memakai. yang jelas signal di tv harus sesuai (tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil) terimakasih

    ReplyDelete
  3. terima kasih banget infonya..

    salam hormat

    ReplyDelete
  4. Beda CATV Dan MATV apa ya? apakah bisa menggunakan splitter yg tertera CATV untuk MATV? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya untuk topologi hampir sama antara MATV dan CATV.
      MATV biasanya digunakan untuk sebuah gedung. jadi dalam sebuah gedung kita buat jaringan distribusi signal RF untuk mensuplay kebutuhan gedung/client di gedung itu.
      untuk CATV atau cable TV adalah jaringan distribusi RF yang clientnya bisa terdiri beberapa gedung atau perumahan.

      Delete