Thursday, April 7, 2016

Gambaran kasar Membangun head End TV Kabel


Disini akan sedikit saya berikan gambaran kasar untuk membuat head end tv kabel.
setelah menemukan target sasaran pelanggan dan wilayah yang akan disasar :
  •  menentukan jumlah channel yang akan di distribusikan, jumlah channel akan berbanding dengan perangkat yang dibutuhkan. untuk 10 channel diperlukan 10 RF modulator perkiraan harga modulator perunit kira kira 1,5 Jt atau silahkan browsing cari harga yang cocok di kantong
  •  menentukan content yang akan didistribusikan, channel yang akan didistribusikan juga berpengaruh terhadap investasi yang akan kita keluarkan. ada channel yang gratis/free to air atau mau ambil channel premium/berbayar. untuk channel free to air, kita tidak akan mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar content, kita cuma tinggal hitung kebutuhan berapa reciever yang diperlukan, bila 10 channel ya kita kalikan harga reciever per unitnya berapa,selanjutnya tinggal hitung banyaknya parabola yang diperlukan dari channel kita. misal kita ambil channel di satelite Telkom dan Palapa, berarti kita butuh 2 parabola dan 4 buah LNB ( tiap satelite kita sediakan 2 LNB untuk polaritas Vertikal dan Horizontal) untuk harga silahkan browsing saja. untuk channel berbayar atau premium, biasanya disediakan oleh provider, baik itu dekoder ataupun parabola. silahkan cari penawaran terbaik dari provider yang ada misal Indovision,Trans Vision atau Topas tv.
  •  selain Parabola, Reciever,LNB , kita juga butuh power devider, yaitu perangkat yang berfungsi menjaga tegangan dari reciever atau decoder tidak masuk ke decoder atau reciever lain, hanya lurus mencatu kebutuhan tegangan di LNB (dibutuhkan hanya bila satu LNB/polaritas dipakai untuk beberapa Reciever. sesuai channel plan yang telah kita buat)
  • yang jelas diperlukan lagi adalah kabel coaxial dari LNB ke sentral/ke reciever
  • setelah channel yang kita inginkan diterima dan sudah kita rubah menjadi signal RF (Radio Frequensi) menggunakan RF Modulator, untuk menggabungkan semua channel kita itu kita perlu sebuah Combiner. kita bisa memakai spliter yang dibalik untuk menggantikan combiner ini ( misal spliter 8 way bisa kita balik sehingga menjadi combiner 8 input ==> input jadi output) 
  • keluar dari combiner, kita memperlukan sebuah penguat signal atau sering disebut Ampli/Booster
  • untuk memberikan kesan rapi dan mempermudah dalam maintenance head end, diperlukan sebuah rack untuk menaruh perangkat reciever,rf modulator dan lain lain.
  • sebuah tv diperlukan untuk memonitor channel yang kita miliki di head end

8 comments:

  1. ternyata membuat jaringan tv kabel jg rumit ya gan, skemanya juga mirip kaya bangun jaringan internet. tutorial yg lengkap gan (y)

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat informasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, semoga bisa dimanfaatkan tulisan saya

      Delete
  3. legkap om infonya Membangun head End TV Kabel makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjunganya, semoga tulisan ini bisa dimanfaatkan. ditunggu jalan jalanya di artikel lainya

      Delete
  4. Ilmu yang sangat bermanfaat . Salam yaa dari Blogger baru heheh

    ReplyDelete